Latest News

Friday, July 22, 2011

Mini Truckin D-Max - Modifikasi Isuzu D-Max

Kokoh, kuat dan tangguh mungkin itu anggapan yang pantas disandang untuk mobil berjenis SUV keluaran Isuzu yang di label dengan nama D-Max. Namun apa jadinya bila kendaraan doublecabin tersebut di modifikasi gaya anak muda dengan tampilan “gaul” berkhiblatkan modifikasi Mini Truckin di negeri Paman Sam, Amerika.

Yah … salah satunya seperti di atas ini, walau telah diberikan sentuhan modifikasi yang sedikit lari dari konsepnya sebagai mobil powerfull bertenaga dan mungkin akrab dengan track medan berat bertanah tapi tetap mempertahankan wujud aslinya sebagai kendaraan yang tangguh. Garapan Yunanda Wirawan selaku pemilik D-Max lansiran 2010 ini memang tak mengambil jalan kasar alias extreme, namun konsep Mini Truckin yang dipakainya cukup membuat tampang sangar D-Max menjadi sedikit lembut dan terlihat elegan.

Keseluruhan eksteriornya dibangun dengan mempertahankan tampilannya aslinya, konsep Mini Trucking diperlihatkan dengan memasangkan apparel bodikit, bumper depan/belakang dan juga grill custom yang langsung mendongkrak tampilannya. Selain itu, Nanda sapaan akrab pria berusia 20 tahun ini juga tak memberikan berbagai macam corak atau paduan warna lain melainkan tetap mempertahankan warna silver bawaan asli mobilnya.

Sektor pengerjaan tersulit berada dikaki-kaki seperti pengarapan ulang arm depan dan aplikasi air suspensinya. “Cukup memakan waktu terlama dalam proses modifikasinya, karena untuk menyematkan air susnya perdaun di bagian belakang harus dilepas, sedangkan arm depan juga ditanggalkan dan diganti dengan arm custom garapan Auto 66,” ucap Nanda.

Dampak ubahan kaki-kaki ini secara otomatis juga memberikan nuansa baru, terlebih ketika ia memasangkan Velg berlapis kilai chrome dengan diameter 22”-9,5 keluaran Gazario yang dipadukan dengan ban tipis dari Accelera berukuran 255/30-22.

Setelah puas membahas tampilan luar dan juga kaki-kaki, giliran menjurus kebagian dalam alias doublecabin D-Max ini. Dalaman interio masih cukup mengusung standarisasi yang tinggi, hanya saja kedua jok depan dan belakang telah dibungkus ulang dengan menggunakan cover MBtech, sedangkan untuk memberikan kenyamanan, Nanda juga melapisi ulang bagian kacanya dengan menggunakan V-Kool 40%.

Walau tak memberikan banyak ubahan pada interior, namun disektor audio mobil ini juga unggul dengan konsep street car audio on the streetnya. Sektor extreme terletak pada bagasi pick up belakangnya  telah disulap menjadi sasana instalasi audio. Di mulai dari bagian dalam dulu dengan jantung pengontrol audionya yang telah menggunakan head unit keluaran Kenwood dipadukan dengan processor Viva dan juga speaker depan dan belakang lalu center dari Soundstream.

Masuk kebagian belakang, tepatnya di ruangan bagasi yang berbentuk pic up dimanfaatkan untuk menyuplai sarang instalasi audio lainya seperti, 1 subwoofer Agako, dan  4 unit subwoofer Strike. Begitu juga dengan power amplifiernya yang sama-sama menggunakan produk keluaran Strike dan Soundstream, lalu ditambah dengan capbank Mass Engineering sebanyak 3 unit yang semuanya terangkai dengan kabel speaker Monster.Agar terlihat rapih, nanda juga membuatkan boks berbahan fiber custom serta tambahan akrilik juga monitor M-tech sebanyak 2 unit beserta  LCD Panasonic. Keseluruhan pengerjaanya ia serahkan ke workshop Auto Concept, di Jl.Parangtritis – Yogyakarta.

Nah, dengan begini tampang sangar D-Max juga nga kalah gaul dengan kendaraan modifikasi lainya … selain asik diajak nongkrong tentung juga bisa diajak untuk meramaikan tongkrongan dengan berajib-ajib ria melalui instalais Audionnya.

Teks/foto : *stanly

Data&Fakta :
Eksterior : bodikit – custom, bemeper – custom, headlamp – custom, spoiler – custom, side body moulding – custom, ducktail – custom. Interior : jok/doortrim – cover MBtech. Mesin : Tubo Timer – Pivot, Intercooler – ARC. Kaki-kaki : velg – Gazario R22-9,5, Suspensi – Air Suspension Universal, arm – custom, shock – Kayaba Panther. Audio: headunit – Kenwood, Processor – Viva, X-over – Soundstream, speaker depan/belakang/center – Soundstream, subwoofer – 1 Agako, 4 Strike, PowerAmplifier – Strike 4, sounstream 1, Capbank – Mass Engineering 3.
Workshop : Auto Concept – Jogja, Auto 66 – jogja, Shift engineering – Jogja.

 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comment:

Item Reviewed: Mini Truckin D-Max - Modifikasi Isuzu D-Max Description: Rating: 5 Reviewed By: Bosmobil Yusuf
Scroll to Top